Pemilihan tanah: sekiranya Anda akan membeli kavling guna dibangun dari awal, maka perlu diketahui beberapa hal semisal asal usul tanah yang dibuat menjadi kompleks perumahan tersebut,tanah yang dulunya merupakan area persawahan dan perkebunan diketahui merupakan asal usul terbaik guna digunakan untuk membangun rumah diatasnya. Bidang tanah yang sebelumnya pernah dibangun rumah ibadah, penjara, rumah sakit, kebun binatang, bukanlah merupakan lokasi yang baik untuk dibangun rumah tinggal karena energinya yang negatif akan bercokol pada area tanah bersangkutan.

Jika Anda membeli rumah tua atau rumah bekas guna dirobohkan pun perlu ekstra berhati-hati, Anda perlu menyimak bebagai kondisi dari pemilik sebelumnya, misalkan, apakah penjual rumah lama tersebut sedang dililit permasalahan berat semisal sakit keras, kebangkrutan, proses perceraian, dll, karena energi pemilik lama masih akan tinggal di lokasi rumah/tanah tersebut dan besar kemungkinan akan mempengaruhi pemilik baru dengan cara yang sama. Sebaliknya, jika Anda membeli tanah/rumah dari seseeorang yang pindah karena ingin melakukan ekspansi ke rumah yang lebih besar lagi, maka hal ini menunjukkan kemakmuran dan pengaruh positifnya akan dapat menular pada Anda! catatan: untuk arah dan lokasi rumah/tanah lainnya, silakan konsultasikan dengan kami melalui layanan personal consultation yang tersedia dengan biaya terjangkau.

Catatan: Untuk konsultasi dengan jasa gambar arsitektur plus support aplikasi fengshui, Anda dapat menghubungi partner kami mr. Felix Andrian, ST di email: FAD-architect[at]bdg.centrin.net.id

Jika Anda ingin mencoba berkonsultasi dengan pakar fengshui dari manca negara, silakan pula hubungi partner kami Master Alan Stirling pada link sebagai berikut:  http://www.fengshuithatworks.co.uk - Feng Shui Consultations, courses and cures from feng shui master Alan Stirling, plus free Chinese astrology horoscope, celebrity profiles and feng shui tips for home and office 

Atau juga partner kami kerjasama kami asal negara tetangga Singapura yaitu Master Dave Hum yanh merupakan salah seorang praktisi senior klasik fengshui di http://www.tcfengshui.com/



Pemilihan lokasi secara umum juga dapat didasarkan pada jenis atau karakteristik pribadi kepala keluarga, untuk kepala keluarga yang bersifat ekstrovert maka akan lebih baik untuk memilih lokasi yang dekat dengan jalan raya agar energi berlebih dapat tersalurkan, sebaliknya bagi mereka yang introvert, pemilihan lokasi yang masuk dalam kompleks akan memberikan ketenangan yang lebih menguntungkan. Pemilihan yang terbalik/salah akan dapat menyebabkan stress dan depresi saat menempati rumah tersebut.

Umumnya, lokasi rumah atau tanah yang memiliki bukit di sisi belakang merupakan lokasi yang menguntungkan, sama fungsinya apabila di daerah belakang rumah terdiri dari bangunan-bangunan besar semisal perkantoran atau gedung/perumahan tinggi dan besar yang memberikan landasan perlindungan dan menahan agar rejeki dapat bertahan. Namun hindari bangunan yang diapit sisi kanan dan kirinya oleh perbukitan atau rumah besar, termasuk juga jembatan dan jalan layang karena akan merusak energi positif yang akan mengalir masuk rumah. Khusus untuk jembatan dan jalan tol, pengaruhnya sama buruknya bila benda tersebut ada di depan, belakang, samping dan atas rumah. Sebagai aplikasi micro dari hal ini, maka bentuk rumah yang meninggi ke belakang juga dianggap menguntungkan untuk ditempati, dan sebaliknya.

Untuk aliran air, diketahui bahwa adanya aliran air semisal sungai kecil dan sejenisnya di depan rumah merupakan hal yang baik, namun memang tidak semua pola aliran terbilang baik, untuk hal ini silakan anda dokumentasikan dan konsultasikan dengan kami melalui layanan personal consultation.

Lokasi yang berada tepat di depan ataupun di belakang rumah ibadah ataupun beberapa bangunan dengan aktivitas negatif yang disampaikan di atas tadi bukanlah lokasi yang baik untuk rumah, karena energi dingin berlebih dari aktivitas yang dilakukan disana.

Pemilihan kontraktor atau insinyur pembangun rumah:
Tips utama dalam jual-beli secara universal adalah, jika Anda ingin membeli sebuah produk, pastikan Anda menemukan minimal 2 penjual yang memiliki jenis produk atau fitur sejenis, sehingga berbagai hal dapat diperbandingkan untuk mendapatkan kepuasan yang maksimal. Istilah 'cinta pada pandangan pertama' memang mungkin terjadi, namun tundalah dulu keputusan hingga Anda mendapatkan penawaran pembanding dari 1 hingga 2 orang kontraktor lain, untuk perbandingan spesifikasi, style pengerjaan, harga, waktu pengerjaan, kualitas pengerjaan, term pembayaran, chemistry personal, dan fleksibilitas yang ditunjukkan sang kontraktor. Menerima tawaran dari relasi atau kerabat yang kebetulan seorang kontraktor mungkin saja bukan merupakan pilihan terbaik karena bisa saja terjadi konflik kepentingan antara peran suplier & kekerabatan tsb, yang tidak perlu terjadi bila hubungan adalah murni suplier-konsumen. Perlu ditambahkan juga penguatan hitam di atas putih berupa m.o.u yang ditandatangani di notaris, mengatur mengenai spesifikasi dan termin pembayaran plus kebijakan lainnya yang melindungi kedua belah pihak. Namun demikian ada pepatah mengatakan bahwa 1000 surat perjanjian tidak akan dapat melindungi dari pihak yang tidak beritikad baik, sehingga akan lebih baik & lebih aman untuk menghindari kontraktor yang mendapat banyak suara negatif dari konsumen lain sebelumnya. Namun sebaliknya, jangan juga terlalu mudah menerima referensi dari keluarga atau relasi akan jasa seorang kontraktor, sebab apa yang sesuai bagi mereka belum tentu cocok bagi Anda, ada klien yang suka kontraktor yang proaktif, akomodatif dan agresif dalam hal komunikasi, namun ada juga yang lebih menyukai kontraktor yang pasif namun fokus/berorientasi pada pekerjaan dan memiliki kreatifitas pribadi & planning intensif, sehingga semuanya kembali pada Anda yang akan menentukan pemilihan pihak kontraktor.

Membangun rumah merupakan proses yang memakan waktu relatif lama, katakanlah 6 bulan hingga 1,5 tahun, sehingga kunci utama keberhasilan proses pembangunan adalah komunikasi yang efektif dengan sang kontraktor. Akan sangat baik bila Anda meluangkan lebih banyak waktu untuk survey dan merencanakan segala sesuatunya, dan janganlah serba menyerahkan sepenuhnya pada kontraktor, sebab apa yang ada di pikiran Anda belum tentu sama dengan apa yang ada di benak kontraktor, walaupun secara lisan pembicaraan menunjukkan kesamaan misalnya dalam hal spesifikasi. Kirimkan point-point perubahan dan penambahan spesifikasi secara tertulis sehingga segala sesuatunya terdokumentasi dan dapat ditelusuri ulang bila ada kesalahan dari pihak pekerja, sertakan layout dan berbagai ukuran secara detail dalam bentuk gambar desain komputer atau minimal sket tangan, karena tidak semua kontraktor memiliki kapasitas spatial yang sempurna dan jangan lupa untuk mendokumentasikan pula hal-hal ini.

Proses pembayaran: banyak sengketa muncul mengenai pembayaran,yang tentu saja tidak kita kehendaki untuk terjadi. Idealnya adalah kontraktor yang merampungkan pekerjaan lebih cepat dari jadwal, dan klien yang membayar tanpa perlu ditagih karena progres pengerjaan tepat waktu. Hal ini bukanlah hal yang mustahil, coba camkan pola positif ini di benak Anda dan saksikan kondisi ideal ini  terwujud dalam proyek pembangunan rumah Anda! Tentunya Anda pernah membaca teori 'Law of attraction' bukan?

Jenis atap rumah: Jenis atau bentuk atap yang paling ideal adalah atap yang sebisa mungkin berbentuk simetris, sehingga perlindungan akan rumah bisa menjadi sama rata, tidak saling menekan antar bagian. Jenis atap piramid diketahui mengandung unsur api sehingga akan cocok bagi mereka yang memiliki unsur keberuntungan api. Sedapat mungkin hindari jenis atap yang non simetris, misalnya atap yang merupakan satu sisi/bilah saja dan terbentang/menjulang dari satu sisi bawah ke atas, karena akan ada hubungannya dengan kemampuan menahan rejeki untuk tetap tinggal di dalam rumah, selain itu pula apapun bentuk atap rumah, upayakan agar bentuk plafon tetap datar agar terjadi kestabilan energi di dalam rumah. Jenis bangunan yang memiliki bentuk plafon dinamis biasanya ditemukan pada gedung ibadah, sehubungan dengan sifat 'yin' gedung tersebut, atau gedung pertemuan dan hall yang memiliki plafon berbentuk 'dome', yang ternyata kurang baik bila diaplikasikan pada rumah tinggal.

Hindari pula atap berwarna biru apapun bentuknya, karena warna biru melambangkan air, dan tidak ada satupun bangunan yang kokoh bila beratapkan air, melainkan tenggelam dan rentan akan terpaan kekuatan alam. Menyinggung sepintas mengenai jendela, hindarkan pula warna biru pada kaca jendela, termasuk bila warna diperoleh dari variasi sejenis cutting sticker maupun kaca patri, dengan penjelasan yang hampir sama dengan penjelasan atap berwarna biru tadi, jika Anda ingin memberi motif dan warna pada jendela rumah Anda, sesuaikanlah dengan simbolisasi dan warna keberuntungan diri Anda. Selain warna biru, warna hijau kekuningan juga agar baiknya diminimalisir karena warna tersebut cenderung membuat pusing kepala dan melelahkan mata terlebih saat jendela diterpa matahari terik.

Demikianlah kiranya beberapa hal seputar pembangunan rumah yang mungkin bermanfaat bagi anda yang berencana untuk pindah atau membangun rumah baru. Salam sejahtera dan sukses selalu!