join paypal now !!

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
WELCOME
to my BLOG
HAve FUN aND GET RICH
HOPE U WILL SUCCESS

Senin, 15 Februari 2010

Analisis Fengshui untuk kesesuaian jenis usaha pelengkap bisnis cuci mobil

Analisis Fengshui untuk kesesuaian jenis usaha pelengkap bisnis cuci mobil
Sebagai konsumen yang sedang menanti kendaraan kesayangannya dicuci dan dipoles, yang umumnya bisa memakan waktu mulai 30 menit hingga 2 jam lebih, tentunya mereka membutuhkan aktivitas ataupun fasilitas guna melewatkan waktunya yang berharga ketimbang hanya diam memandangi proses tersebut. Nah, peluang ini ternyata sudah banyak dicermati oleh para pengusaha car wash business, mereka memanfaatkan space tempat usaha yang tersedia guna membuka usaha sampingan lain dengan target konsumen yang sama tersebut. Ide yang bagus memang, namun dari sisi feng shui perlu diperhatikan sifat-sifat dasar dari jenis usaha pendamping bisnis cuci kendaraan tersebut.

Pada kesempatan ini kami akan coba sampaikan beberapa jenis usaha yang umumnya 'ditambahkan' oleh pengelola bisnis cuci mobil/motor ini, berikut analisis tingkat kesesuaiannya, antara lain:

1. Kantin atau restaurant sebagai pelengkap. Latar belakang diadakannya restaurant sebagai suplemen bisnis car wash tampaknya merupakan primadona bagi para pengusaha, sebab selain margin keuntungan bisnis makanan yang tinggi, konsumen juga tampak membutuhkan makanan/minuman selagi menunggu. Namun ternyata kombinasi usaha ini bukanlah kombinasi yang baik karena usaha cuci kendaraan yang mengandung unsur dominan air, seringkali 'memadamkan' usaha sampingan makanan yang berunsur dominan api, sepanjang pengamatan kami, sudah cukup banyak usaha sampingan di bidang restaurant yang digelar bersama bisnis cuci mobil gulung tikar dalam waktu yang singkat, dan lebih buruk lagi kedua jenis usaha tersebut bukan tidak mungkin menjadi gagal secara bersamaan.

2. Variasi atau onderdil kendaraan. Dari sisi unsur, maka usaha tambahan dengan menjual berbagai peralatan variasi atau onderdil kendaraan bersamaan dengan bisnis cuci mobil diketahui memiliki keselarasan yang cukup baik, dengan catatan skala bisnis car wash tetap dijadikan bisnis yang utama, sehingga produk variasi dan suku cadang ini menjadi sekedar tambahan semata.

3. Butik pakaian. Hampir sama dengan point nomor 2 di atas bisnis ini pun terbilang sesuai dan menjanjikan untuk dijalankan bersama dengan bisnis car wash, dengan melihat dengan lebih seksama siapakah mayoritas konsumen cuci mobil (secara demografi), agar dapat disesuaikan karakteristiknya dengan produk pakaian/clothing yang akan dijual, apakah untuk menengah ke atas/bawah, pria/wanita dewasa atau teenager, dst.

4. Jasa-jasa lainnya, bisnis jasa lain semisal: biro jasa kepengurusan surat-surat, biro perjalanan, jasa pengetikan, biro iklan, desain, dll, juga merupakan bisnis yang dapat dilakukan bersamaan dengan bisnis cuci kendaraan, karena sifat unsurnya yang selaras. (perlu dicatat bahwa bisnis jasa broker rumah dan properti merupakan pengecualian karena tidak selaras dengan bisnis cuci kendaraan)

5. Sebagai tambahan info, mengacu pada 4 jenis bisnis di atas yang masing-masing memiliki unsur keselarasan dan ketidaksesuaiannya masing-masing, mendirikan usaha cuci kendaraan dengan lokasi di samping atau seberang bisnis yang disampaikan tersebut pun memberikan pengaruhnya masing-masing, sesuai dengan penjabaran yang telah disampaikan di atas, jadi sebagai contoh, tepat di seberang usaha car wash Anda terdapat rumah makan besar yang mengarah ke pintu masuk utama gerai, maka kedua unsur dari usaha ini akan saling mempengaruhi secara negatif satu sama lain, demikian juga dengan usaha yang saling berdampingan.

Dengan mengetahui hal tersebut semoga para pengusaha car wash dapat lebih waspada mengenai kesesuaian unsur usaha utama dengan usaha tambahan yang akan/tengah dijalankan, namun terlepas dari hal tersebut, keberhasilan bagi setiap jenis usaha juga akan sangat bergantung pada kesesuaian terhadap unsur diri pelaku usaha-nya.

Salam sejahtera dan sukses selalu untuk Anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar